Wednesday, February 2, 2011

20 Game Terbaru 2011

TeknoIndo Pusat Info Game dan Tekno

Tahun telah beranjak ke 2011 saatnya para gamers untuk berbenah diri mempersiapkan kemunculan game-game anyar di tahun ini. Seperti tahun lalu, tahun ini para gamers akan dimanjakan dengan banyaknya game-game bagus yang hadir, Sebagian besar di antaranya merupakan judul-judul yang kelihatan cukup punya potensi yang menjanjikan. Dan bisa dikatakan seperti itu juga bukan tanpa bukti. Sejumlah sukses yang telah dihasilkan lebih dulu oleh sang pengembang tentu adalah salah satu alasan gamers untuk meyakini keberhasilan dari judul yang mendatang, namun pastinya juga dengan tidak lupa memperhatikan adanya faktor-faktor pendukung yang lainnya. Oleh karena hal itu, tidak bisa kita hindari lagi bahwa tahun 2011 inipun akan kembali menjadi medan persaingan bagi sejumlah pengembang yang sudah kita kenal lewat judul-judulnya yang sukses.
Nah inilah daftar 20 game anyar di tahun 2011

Little Big Planet 2
Rilis: 18 Januari 2011
Platform: PS3

 

Sackboy kembali tampil dalam sekuel terbaru game platformer keluaran Sony, Little Big Planet 2. Setelah game pertamanya diklaim sebagai sebuah “platform untuk games” yang imut dan lucu, game kedua inipun akan sekali lagi menitikberatkan fokusnya pada konten yang user-generated, yang tentunya akan menjadi suatu kepuasan yang berlebih bagi pemainnya. Kesenangan dari game semacam ini memang bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh dari memainkannya dengan begitu saja, namun lebih pada keleluasaan gamers dalam membuat berbagai macam hal di Little Big Planet 2.

Dead Space 2
Rilis: 25 Januari 2011
Platform: PC, PS3, Xbox 360

 

EA dan Visceral Games membawa gamers kembali pada sosok Isaac Clarke, seorang engineer luar angkasa yang telah berjuang untuk tetap selamat dari ancaman makhluk-makhluk mengerikan yang disebut Necromorphs. Seperti pada prekuelnya, Dead Space 2 kembali mengajak gamers untuk bermain dalam genre third-person shooter yang dibuat semakin menarik dengan bumbu-bumbu sci-fi dan horor. Lebih dari yang sebelumnya, Dead Space 2 menjanjikan pada para penggemarnya suatu kelanjutan cerita dengan karakterisasi sang jagoan yang lebih mendalam, dan disertakannya sebuah dukungan multiplayer yang boleh jadi nilai lebih.

Marvel vs Capcom 3: Fate of Two Worlds
Rilis: 15 Februari 2011
Platform: PS3, Xbox 360

 

Marvel dan Capcom. Yang satu merupakan salah satu nama besar yang populer di Barat, dan yang satunya merupakan nama besar di industri game Timur. Terlepas dari perbedaan gayanya, keduanya sama-sama punya karakter-karakter yang membuatnya menarik untuk dipertemukan. Maka dari itu, keduanya untuk sekali lagi akan kembali mengadu jagoan-jagoannya di game-nya yang paling baru ini. Kali ini, Doctor Doom bersama dengan Albert Wesker telah mengumpulkan para penjahat dari jagad Marvel dan Capcom. Namun, para jagoan jelas tidak akan tinggal diam begitu saja. Ryu, Wolverine, Captain America, Dante dan yang lainnya pun siap melawan dalam Marvel vs Capcom 3: Fate of Two Worlds.

Killzone 3
Rilis: 22 Februari 2011
Platform: PS3

 

Invasi Helghast masih belum berakhir. Beranjak dari PS2, lalu ke PSP, dan PS3 untuk terakhir kalinya di tahun 2009 rupanya belum menyudahi peperangan antara ISA dan Helghast. Di Februari ini, Sony bersama dengan Guerilla akan melanjutkan kembali cerita perjuangan Tomas “Sev” Sevchenko dan Rico Velasquez dalam memerangi Helghast di Killzone 3. Drama peperangan yang mendalam, gameplay first-person shooter yang dikemas dalam tema sci-fi, dengan aspek multiplayer yang membuatnya semakin solid sebagai game shooter adalah alasan dari sebagian besar pemilik PS3 untuk mempunyai sebuah Killzone 2. Bagaimana dengan Killzone 3?

Bulletstorm
Rilis: 22 Februari 2011
Platform: PS3, Xbox 360

 

Datang dari tim kreatif di balik sukses Gears of War adalah sebuah FPS yang berjudul Bulletstorm ini. Bulletstorm menceritakan perjuangan seorang bekas mercenary bernama Grayson Hunt, yang ditemani oleh rekannya, Ishi Sato, dalam mempertahankan hidup dari ancaman makhluk-makhluk mutant di planet asing. Lebih dari sekedar bertahan hidup, keduanya juga berambisi untuk menuntut balas pada bekas pimpinan yang telah mengkhianati dan mengasingkan mereka ke planet tersebut. Berbeda dari game-game FPS pada umumnya, Bulletstorm akan memperkenalkan pada gamers suatu hal baru yang disebut skillshot.

Dragon Age II
Rilis: 8 Maret 2011
Platform: PC, PS3, Xbox 360

 

Sekuel dari sebuah RPG epik buatan Bioware ini akan menceritakan tentang seorang karakter jagoan baru yang bernama Hawke. Berbeda dari judul pendahulunya, cerita dari sekuel ini tampaknya telah menyederhanakan cerita yang sebelumnya dibawakan dalam Dragon Age: Origins (yang tadinya memperkenalkan ceritanya dari enam sudut pandang yang berbeda), sesuatu yang tampaknya terkesan mengikuti tren dari Mass Effect. Tidak seperti karakter utama gamers dalam Origins, Hawke merupakan karakter yang telah dilengkapi dengan voice acting untuk memperkuat pembawaan ceritanya. Meskipun begitu, bukan berarti prekuel dan sekuel ini tidak punya kaitan sama sekali. Dragon Age II menyediakan bagi gamers suatu fitur untuk meng-import data dari Dragon Age: Origins dan Awakening, yang dapat mempengaruhi background story untuk Dragon Age II.

Crysis 2
Rilis: 22 Maret 2011
Platform: PC, PS3, Xbox 360

Tahun 2023, New York telah hancur oleh serangan alien. Gamers lagi-lagi harus bertahan dari serangan alien dan manusia dengan menggunakan baju tempur berteknologi mutakhir. Dalam Crysis 2 ini, Crytek telah mendesign ulang Nanosuit yang kali ini dinamakan “Nanosuit 2”. Nanosuit 2 telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru, seperti durasi yang lebih panjang dalam aktivasi dua mode sekaligus, penggabungan beberapa mode, dan perbaikan dari sejumlah mode suit yang pertama. Selepas setting hutan-belantara yang begitu memukau pada game pertamanya, Crytek menyebut bahwa peperangan di Crysis 2 itu sebagai suatu "bencana yang indah".

Dissidia 012: Duodecim Final Fantasy
Rilis: 22 Maret 2011
Platform: PSP

Gamers PSP telah melihat langsung bagaimana pertemuan antara sisi baik dan jahat dalam Final Fantasy yang digambarkan melalui pertempuran yang terjadi di antara kubu Cosmos dan Chaos. Memang seru, mengingat tokoh-tokoh yang merepresentasikan kedua belah pihak tersebut merupakan tokoh-tokoh yang menjadi khas dari berbagai game FF yang sudah ada. Namun, hanya memasukkan tokoh-tokoh yang sudah ada di game pertamanya saja sepertinya memang belumlah cukup. Oleh karena itu, dengan mendatangkan beberapa karakter baru seperti Tifa, Kain, Yuna dan Lightning, Square Enix kini mempersembahkan sebuah sekuel dari Dissidia di layar PSP gamers. Inilah Dissidia 012: Duodecim Final Fantasy.

Mortal Kombat
Rilis: 19 April 2011
Platform: PS3, Xbox360

Sebuah plot twist mengakibatkan dunia Mortal Kombat terkena reboot dan kembali ke jaman Mortal Kombat pertama, kedua dan ketiga, yang memang merupakan masa-masa keemasan dari franchise game fighting ini. Meskipun akan kembali pada inti gameplay 2D-nya yang klasik, sistem gameplay-nya tetap tidak luput dari perubahan yang diaplikasikan oleh NetherRealm Studios supaya game ini bisa lebih mudah dimainkan oleh gamers casual, namun juga dengan tetap tidak meninggalkan para gamer yang sudah mencintai gameplay hardcore-nya. Untuk itu, NetherRealm akan menambahkan pula fitur-fitur yang memperdalam sensasi bertarung di dalamnya, seperti diperkenalkannya fitur baru dalam gameplay yang disebut X-ray Moves, atau disertakannya fitur Tag-Team Mode.

Uncharted 3: Drake’s Deception
Rilis: 1 November 2011
Platform: PS3

Uncharted, sebuah judul yang membuat nilai eksklusivitas PS3 memang begitu berharga. Game yang dikemas tidak kalah kerennya dengan sebuah film box office Hollywood ini akan mendapatkan kembali sebuah sekuel terbaru. Dengan judul Uncharted 3: Drake’s Deception, Nathan Drake kembali berpetualang memburu harta karun dengan mengunjungi gurun Rub’al Khali untuk mencari kota hilang yang legendaris, Iram of the Pillars.

The Elder Scrolls V: Skyrim
Rilis: 11 November 2011
Platform: PC, PS3, Xbox 360

Jelajahi kembali dunia Elder Scrolls, 200 tahun setelah Oblivion. Kali ini gamers akan dibawa menuju Skyrim, daerah yang berada di atas Cyrodiil. Selain dunia yang bebas dijelajahi, kita juga dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti bertani dan bertambang. Seluruh keputusan yang kita ambil selama memainkan The Elder Scrolls V: Skyrim akan memiliki pengaruh terhadap dunianya, terutama pada Side Quest yang dibuat berdasarkan status dunia pada saatnya. Salah satu fitur yang paling menarik adalah adanya “Dragon Shout”, dimana kita bisa memanggil naga, memperlambat jalannya waktu, teleportasi dan sebagainya, yang bisa kita dapatkan dengan cara membunuh naga.

Forza Motorsport 4
Rilis: 2011
Platform: Xbox 360

 

Apabila Sony memiliki Gran Turismo sebagai franchise balap andalannya, kedudukan yang sejajar tampaknya telah diserahkan oleh Microsoft pada Forza Motorsport. Setelah PS3 mendapatkan Gran Turismo 5 sebagai game balap paling ambisius untuk saat ini, kini Forza Motorsport 4 tengah dalam pengembangan untuk dapat menuai hasil yang tidak kalah baiknya dari GT5 di tahun ini. Yang lebih uniknya lagi, pengembangan terbaru dari Turn 10 Studios inipun telah menjanjikan hadirnya dukungan Kinect di dalamnya.

Gears of War 3
Rilis: Q4 2011
Platform: Xbox 360


Tidak dapat dipungkiri lagi, Gears of War memang merupakan judul yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan Xbox 360. Seperti Mass Effect 3 yang dijanjikan akan menutup kisah Commander Shepard sebagai trilogi, hal yang kurang lebih sama pun juga telah disebut-sebut akan dialami oleh franchise game besutan Cliff Bleszinski ini. Inilah sebuah konklusi yang ditunggu-tunggu sebagai akhir dari perseteruan manusia melawan Locust. Seperti pengembangannya yang terakhir, Gears of War 3 akan menyertakan sejumlah hal baru di dalam gameplay yang membuatnya lebih daripada sebelumnya, mulai dari senjata baru, hadirnya mech suit, hingga sejumlah mekanisme fitur yang baru.

Shadows of the Damned
Rilis: 2011
Platform: PS3, Xbox 360

Adalah sebuah game yang tampaknya akan kembali memperlihatkan pertemuan antara Barat dan Jepang. Shadows of the Damned pada saat ini tengah dalam pengembangan oleh Grasshopper Manufacture. Game ini akan bercerita tentang kisah Garcia Hotspur yang pergi ke Neraka demi menyelamatkan sang kekasih. Penting untuk gamers ketahui, game ini adalah suatu hasil kolaborasi antara Goichi Suda dan Shinji Mikami, dimana game ini bakal menggabungkan sentuhan “punk rock” milik Suda dan “psychological action thriller” milik Mikami. Hasilnya adalah sebuah third-person shooter dengan lagu rock dan monster-monster Neraka yang menyeramkan.

The Legend of Zelda: Skyward Sword
Rilis: 2011
Platform: Wii

The Legend of Zelda: Skyward Sword adalah sebuah prekuel dari Ocarina of Time, dimana Link kali ini adalah salah seorang penghuni Skyloft yang menemukan Skyward Sword. Pedang tersebut mengarahkan Link ke dunia di bawah, yang dikuasai oleh makhluk-makhluk jahat. Skyward Sword akan menggunakan Wii MotionPlus di dalamnya, yang menjanjikan gerakan satu banding satu antara Wiimote dengan pedang dalam game.

Mass Effect 3
Rilis: Q4 2011
Platform: PC, PS3, Xbox 360

Kabarnya, inilah game yang akan menjadi akhir dari kisah trilogi Mass Effect. Gamers telah melihat bagaimana BioWare membuka dan meneruskan kisah pada kedua game Mass Effect-nya. Dan apabila benar game ini memang adalah sebuah ending, tentunya akhir cerita ini merupakan sesuatu yang membuat game ini wajib untuk dimainkan oleh para penggemarnya (yang jelas tidak sedikit jumlahnya). Setelah melakukan petualangannya ke berbagai planet di luar angkasa pada dua game pendahulunya, Mass Effect 3 akan mengantarkan Commander Shepard kembali ke Bumi untuk menyelesaikan misinya yang terakhir. 

The Last Guardian
Rilis: Q4 2011
Platform: PS3

Fumito Ueda kembali menunjukkan dukungannya terhadap PlayStation melalui proyek teranyarnya ini. The Last Guardian bercerita mengenai seorang anak yang mencoba untuk kabur dari istana raksasa. Walaupun belum ada banyak hal yang dapat dikorek terkait game ini, The Last Guardian dikabarkan akan menekankan gameplay-nya pada hubungan di antara sang bocah dan Trico, seekor mahluk raksasa yang kelihatan seperti perpaduan tikus dengan burung griffon. Seperti halnya kedua game terdahulu dari Team Ico, game inipun diperkirakan untuk menampilkan kembali sejumlah unsur adventure dan puzzle yang khas.
 
Sumber : VGI

TeknoIndo Pusat Info Tekno dan Game

0 komentar:

Post a Comment