Saturday, January 8, 2011

Nintendo 3DS Bisa Deteksi Gangguan Penglihatan?


Bertolak belakang dengan pernyataan Nintendo beberapa waktu lalu yang melarang anak usia 6 tahun kebawah untuk menggunakan mode 3D saat bermain Nintendo 3DS, American Optometric Association (AOA) malah mengeluarkan pertanyataan bahwa mode 3D bisa digunakan untuk mendeteksi gangguan penglihatan anak.


Jika anak mengalami rasa pusing dan merasa tidak nyaman saat melihat 3D dalam film, tv atau Nintendo 3DS, mungkin hal itu adalah tanda - dari gangguan penglihatan yang bisa mengakibatkan mata menjadi cepat lelah, hilangnya kemampuan mata untuk melihat objek tiga dimensi, berkurangnya pemahaman saat membaca dan bisa meningkatkan rasa frustrasi anak saat di sekolah. Teknologi pengobatan mata yang ada saat ini belum bisa mendeteksi gangguan seperti itu.

Sistem penglihatan kita terus berkembang sejak kita lahir, jadi sangat penting untuk mengungkap segala jenis gangguan penglihatan sejak usia dini, dan salah satu caranya adalah menggunakan
mode 3D dalam Nintendo 3DS. AOA mengatakan, anak berusia di bawah 6 tahun boleh menggunakan 3DS jika sistem penglihatan mereka berkembang secara normal, tapi tetap dalam pengawasan orang tua agar mereka tidak menggunakannya secara berlebihan.

David Granet, ahli
pediatric ophthalmology universitas California mengatakan "Saya rasa orang tua tidak perlu mengkhawatirkan anak - anak mereka bermain game, baik itu 3D atau tidak, dari perspektif sistem penglihatan. Pertanyaan yang lebih besar adalah : Apakah kalian mau anak kalian yang baru berusia tiga tahun sudah bermain video game?"

0 komentar:

Post a Comment